Proses pembuatan fiberglass body motor/mobil
Kaca serat (Bahasa Inggris: fiberglass) atau sering diterjemahkan menjadi serat gelas adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar 0,005 mm – 0,01 mm. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik; material komposit yang dihasilkan dikenal sebagai plastik diperkuat-gelas (glass-reinforced plastic, GRP) atau epoxy diperkuat glass-fiber (GRE), disebut “fiberglass” dalam penggunaan umumnya. Pembuat gelas dalam sejarahnya telah mencoba banyak eksperimen dengan gelas giber, tetapi produksi masal dari fiberglass hanya dimungkinkan setelah majunya mesin.
Pada 1893, Edward Drummond Libbey memajang sebuah pakaian di World Columbian Exposition menggunakan glass fiber dengan diameter dan tekstur fiber sutra. Yang sekarang ini dikenal sebagai “fiberglass”, diciptakan pada 1938 oleh Russell Games Slayter dari Owens-Corning sebagai sebuah material yang digunakan sebagai insulasi. Dia dipasarkan dibawah merk dagang Fiberglas (sic), lihat juga merk dagang yang menjadi generik. Siapa pengen punya motor impian dengan desain body sesuai idaman kita? Atau pengen mewujudkan ide-ide liar bentuk body motor? Bisa aja semua itu diwujudkan… Bikin aja body motor hand made berbahan fiberglass. Sebelum liburan emang udah kurencanain libur 2 bulan lebih itu bakal kuiisi buat modif motor, salah satu rentetan modif itu ya coba-coba bikin body dari fiberglass. Sebelum liburpun aku udah mencari-cari referensi dari berbagai sumber baik dari tumpukan ratusan edisi tabloid koleksiku, antara lain Motor Plus, Ototren, Otoplus, maupun dari ubek-ubek internet. Mulai dari cari tau bahan-bahannya, cara mengaplikasikannya, gimana bikin cetakannya, sampai dimana tempat beli bahan-bahannya di sekitar daerahku. Belanja ini itu ternyata cuma abis dikit sekitar 100 ribuan. Buat bahan-bahan yang aku pake yaitu:
1. Resin. Ini buat bahan utamanya, ibarat bikin beton resin itu kayak semennya. Berbentuk cair warna merah.
2. Mat. Kalo yang ini yang bentuknya serat-serat putih itu loh…
3. Katalis. Ini bahan campuran resin yang berfungsi memperkeras resin.
4. Talk. Tugasnya ngebikin hasil akhir lebih keras dan kaku.
Langkah pertama adalah nentuin apa yang mau kita bikin dengan fiberglass. Ya iyalah harus tau kita mau bikin apa! Maksudnya kita bikin dulu cetakan body yang bakal kita bikin. Sebelum bikin cetakan, harus udah ditentuin model yang kita mau. Model itu bias dari kreasi sendiri atau niru model motor yang udah ada. Kalo mau lebih sip dari model yang kita mau bisa dibikin dulu model 3D-nya pake software macam Lightwave atau 3Dsmax trus diolah biar bisa di-print out hasilnya jadi bikin cetakan tinggal dibikin dari kertas yang udah dibikin dari model 3D tadi. Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutupin bagian motor yang sekiranya bakal ketetsan resin pake kertas bekas. Bahaya nih kalo sampe nempel ke bagian motor lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman… Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain kayak kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan kalo perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan itu. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk trus ditambahin lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan kebanyakan katalis karena bisa kecepetan kerasny tuh adonan. Aduk lagi deh ampe rata.
Mari membuat lapisan pertama.
Pastikan permukaan bersih.Kalo perlu bisa ditambahin/dilapisin Mirror Glaze Mold Release biar ntar gampang dilepasnya tuh cetakan. Tapi kalo gak pun its okay… Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kamu punya waktu kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi nyante ajayang penting rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarin dulu 10 menit sampe agak kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian. Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1 lapisan ini agak kering. Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin + katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya bakal terlalu berat. Lagian Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam “pondasi”.Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup dilapis batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis. Langsung aja lapisan kedua dibikin. Tampelin mat merata ke semua sisi. Olesin lagi pake adonan resin+katalis sampe merata. Kita bisa bikin sampai kira-kira 3 lapis mat. Gak terlalu tebal tapi udah cukup kuat. Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahin dari cetakan deh. Gimana hasilnya? cra 1 lagi gan..
Cara ngebuat Fiberglass dan formulanya Selama ini, gw cuma bisa menikmati barang-barang dari Fiberglass tapi ga pernah tau cara buatnya. Nah, setelah ubek-ubek dan surfing banyak banget dari beberapa forum dalam dan luar, gw kumpulin aja jadi satu seluruh formula-nya. Semoga membantu…
Tapi jangan nanya gw yak soal prakteknya… Soalnya gw juga lagi nyoba-nyoba sendiri nih. Ntar kalo ada informasi lagi, gw update pastinya. For foreign, if you want to ask about these tutorial, i will translate it to english for you…. Bahan : Resin (bahan dasar) Katalis (pengeras…) Matt (Serat kaca) Gel (pembatas cetakan) Talc (agar campurn resin menjadi kental seperti plastic) Silicon RVT (buat cetakan duplikasi) Carbon Cloth / Fiberglass Cloth Mirror Glazer (agar resin tidak menempel) atau Vaselin (non cosmetic) Meguair (ga tau gunanya)
Ada beberapa cara :
1. Resin + Katalis = mudah pecah
2. Fiberglass Cloth + Resin + Katalis
3. Resin + talk + Katalis = Kuat Perbandingan campuran.
Resin : Katalis = 1 liter : 10cc (0,01 L) Cara buat cetakan Fiber. Kekurangan : sulit membentuk sudut2 tajam. Kelebihan : murah dan mudah Saran : Ini untuk membuat beberapa hasil jadi yang disambung menggunakan mur dan baut (atau per pieces)
Rubber Kekurangan : Harga mahal, mudah sobek Kelebihan : mudah membentuk sudut2 tajam Karton / Kardus Kekurangan : Tidak kaku alias mudah mleot.
Kelebihan : sangat mudah dibuat, sangat murah, trus dapat menggunakan kawat nyamuk serta dempul. Tanah Liat Option terakhir karena sulit mencarinya, tapi jauh lebih mudah ngebentuknya. Untuk membuat sebuah master, membuatnya dapat dengan bahan-bahan tersebut di atas. Jika memiliki produk jadi dan ingin dibuat master, produk jadi tersebut di tutup menggunakan stiker atau selotape kertas yang lalu di lapisi dengan Mirror Glaze agar bahan fiber dalam bentuk resin tidak menempel. Sumber:http://www.windowscraze.com/forum/Belajar-buat-fiber-yok….
MERANCANG KOLAM KOI DARI FIBER Design Bak Fiber : UDIN ( Tukang Koi ) Work Shop : Queen Fiber ( Cipaku-Bogor ) Bermula dengan berkembangnya kegiatan dalam memelihara ikan koi, banyak muncul permasalahan yang dirasakan oleh para penghobi ikan koi, mulai dari pembuatan kolam system filter, kolam karantina dan sampai keterbatasan lahan yang dimiliki oleh penghobi itu sendiri. Kolam fiber banyak sekali manfaatnya untuk kegiatan memelihara ikan koi al:
- Karantina ikan untuk pengobatan ikan
- karantina ikan untuk persiapan lomba
- Pemijahan ikan koi
- Penetasan telur ikan koi
- Pembesaran ikan koi untuk ukuran kecil
- Pengukuran ikan koi
- Untuk kegiatan pameran atau jualan ikan koi
MERANCANG KOLAM
Dalam merancang kolam yang harus diperhatikan adalah : – Dimensi kolam – System filter – Instalasi pipa inlet dan outlet Pembuatan Cetakan Moulding Membuat cetakan bak fiber yaitu menggunakan bahan dari kayu dan triplek melamin, kemudian dibentuk sesuai dengan gambar yang kita design. Setelah kebentuk cetakan kemudian difinishing pada bagian-bagian yang kasar sampai halus.
Hasil Cetakan Fiber Terlihat pada gambar hasil cetakan yang masih kasar, dan belum dipotong bagian-bagian luar dari bak fiber. Pemasangan Sistem Filter Selanjutnya pemasangan sekat-sekat untuk sistem filter sesuai dengan rancangan pada gambar rencana. Tutup Filter Tutup filter dibuat untuk menutupi bagian dari sistem filter agar kolam terlihat rapi dan indah. Sistem Filter Sistem filter dengan menggunakan sistem Up and Down , maksudnya semua kotoran yang dibawa oleh air tertahan dibagian bawah media filter. Inlet dan Outlet Inlet dan outlet dibuat dengan maksud untuk sirkulasi air yang masuk kedalam kolam dan air yang masuk kedalam sistem filter. Inlet digunakan untuk memasukan air kekolam dengan menggunakan pompa, sedangkan Outlet digunakan untuk saluran air dan kotoran yang ada dikolam dapat masuk kedalam sistem filter.
Saluran Pembuangan Saluran buang dibuat untuk membuang air kotor yang tertahan oleh media filter, setiap kotak filter terdapat masing-masing saluran pembuangan. Penahan Media Penahan media Filter berguna untuk menahan media agar tidak jatuh sampai dasar kolam, jadi pada bagian bawah media filter hanya berisi kotoran-kotoran yang dikeluarkan oleh ikan koi. Finishing Fiber Setelah bak fiber sudah terbentuk sebuah kolam dengan sistem filter kemudian dirapihkan pada bagian-bagian yang kasar dengan menggunakan amplas dan selanjutnya pengerjaan pengecatan pada bagian luar bak fiber
Bak Fiber sudah finish Bak Fiber yang sudah jadi kemudian diberi Label dan siap dikirim ke konsumen Demikian penjelasan singkat tentang proses pembuatan kolam koi dari fiber, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat para penghobi ikan koi di tanah air. Tapi sangat disayangkan masih ada orang yang tega membajak karya design kami tanpa sijin dan koordinasi dengan kami, bahkan banyak penjual mengklaim bak fiber tersebut hasil rancangannya.
Cara Membuat Kapal Fiber
Gambar : minyak resin
Kapal yang terbuat dari Fiberglass merupakan type kapal cepat , digunakan sebagai kapal Patroli, kapal pribadi, atau kapal untuk transportasi laut atau sungai, karena bobot yang ringan dan cukup kuat, sehingga kerja dari motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas bekerja secara maksimal,mesin kapal fiberglas menggunakan mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal .atau mesin bensin tempel.
penjelasan fiberglass:
Secara theory, fiberglass itu kalo di bahasa ilmiahnya jarang ditemui, yang dimaskud fiber/serat adalah penguatnya saja, yang termasuk dalam hal ini juga carbon fiber, atau aramid, Jadi barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau CFRP. Dan itu memang yang di gunakan sebagai bodi atau frame pada sebuah kapal atau bisa juga untuk kendaraan,alat – alat rumah tangga seperti tangki air dan sebagainya.
Jadi yang liquid itu plastiknya (matrik), ratusan jenisnya, cuman yang biasa dipakai adalah Epoxy resin, biasanya orang menyebutnya resin saja. Resin ini belum berupa polymer jadi harus dijadikan polymer biasanya dicampur apa yang disebut sebagai katalis/hardener (keduanya terjual terpisah). Hardener ini yang akan membantu resin menjadi polimer dan menjadi keras. untuk memperkuatnya ditambahkan fiber( woven roving/mat) didalam adonan resin +hardener = jadilah apa yang bisanya disebur fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tadi.
karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yang aneh (tahan temperature) saat mencetak, makanya cetakannnya (mold) bisa apa ajah pada dasarnya bisa juga kayu atau plat, tapi klo untuk cetakan membikin kapal sebaiknya digunakan dari kayu dengan teriplex disamping pleksible bahannya murah serta mudah didapat.
Sebelum memulai mempelajari cara membuat kapal dari bahan fiberglass, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu bahan bahan yang akan digunakan :
Bahan – Bahan :
1. Minyak Resin( epoxy resin ) : minyak resin bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi dan residu tumbuhan
2. Katalis (catalis) : cairan kimia
untuk campuran minyak resin supaya terjadi pengerasan secara kimia atau
sering juga di sebut hardener
Gambar : Katalis/Hardener
3. Talk (tepung khusus) : talk diguna
untuk membuat lemfiber(jackcoat) serta untuk membuat campuran cat
plincoat4. Mat/mesh (serat halus) : terbuat dari bahan polyester,berguna
sebagi media lapisan permukaan sebuah plat fiber
Gambar : Mat
5.Roving (serat kasar) : terbuat dari bahan polyester/epoxy,digunakan sebagi media lapisan tengah dari plat fiberglass.
6. Kayu dan Triplek glossi : digunakan
untuk membuat mold (wadah cetakan) bentuknya dibuat sebesar
gambar/design permukaan luar dari lambung kapal.
7. Cat Plincoat : digunakan untuk mewarnai sekaligus menghaluskan permukaan lambung kapal.
gambar : Woven Roving
8. Bahan-Bahan pelengkap lainnya :
seperti mesin penggerak kipas,dinamo listik,alat nafigasi,alat
komunikasi dan lain-lain sesuai kebutuhan.
Alat-alat yang digunakan :
1. Kuas Roll/dan Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Perkakas kayu
Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal dari Fiber:
1. Pertama kita buat dahulu mold
(wadah cetak) sebuah lambung kapal (sebaiknya dibuat di lokasi dekat
laut/sungai besar) dengan kayu dan teriplek seperti gambar no 1
(mold/cetakan)
Gambar Proses pembuatan mold/ cetakan
2. Setelah mold (cetakan) selesai ,
terlebih dahulu permukaan dalam dari mold (cetakan) dilumasi dahulu
dengan polish untuk memudahkan pembukaan mold setelah proses pembuatan
kapal selesai , lalu cat dengan cat plincoat sebagai proses pewarnaan
lambung kapal ( warna cat disesuaikan dengan keinginan), cat plincoat
dihasilkan dari campuran talk, cat acrilic serta minyak resin (dalam
proses ini penggunaan katalis di campur pada adonan cat plincoat pada
saat digunakan saja / saat proses pengejaan saja).
setelah cat plincoat pada cetakan
kering dan telah dihaluskan dengan amplas disc dengan menggunakan
gerinda, proses pembuatan lambung kapal pun siap dimulai,lapisan pertama
dengan balutan mat/mesh (serat halus) dan yg kedua dengan roving (serat
kasar) serta balutan terakhir dengan mat lagi,semua lapisan balutan
serat itu dilumuri/dicor dengan minyak resin yang telah dicampur katalis
dengan menggunakan kuas roll, takara campuran minyak resin+katalis
tergantung lamanya proses pengeringan yang hendak diinginkan,contoh: 5
liter minyak resin dilaruti oleh 5 cc cairan katalis memerlukan waktu
pengeringan 3-5 menit(dengan asumis cuaca cerah), ketebalan lambung
kapal tergantung dari besar dan kecilnya ukuran kapal yang dibuat
,semakin besar sebuah kapal harus semakin tebal pula lambung
kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal adalah sbb :
mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara
kontinyu harus sekaligus jadi jangan di sambung kecuali untuk proses
penebalannya.
3.Setelah proses tahap no 2 selasai
lambung kapal diberi tulang tulang fiber untuk memberi kekuatan pada
lambung kapal, selanjutnya kepada tahap pembuatan ruangan-ruangan pada
kapal sesuai dengan design gambar yang dibuat dengan pembuatan kembali
mold atau bisa juga dengan langsung dibuat dengan plat fiber, pembuatan
plat fiber maupun tulang fiber sama dengan proses pembuatan lambung
kapal tetapi mold (cetakan) sebuah flat fiber bentuknya seperti sebuah
lantai dan mold dari tulang fiber bentuknya seperti tiang kayu.
4. Ruangan yang perlu dibuat didalam
lambung kapal adalah tangki bahan bakar,ruangan mesin (kalau menggunakan
mesin dalam) instalasi kemudi (haluan) lainya, untuk tangki air bersih
sebaiknya dibuat diatas atap kapal.
5. Aksesoris tambahan lainnya bisa
dibuat diluar badan kapal dengan cetakanya seperti membuat
pintu,tangga,teralis,bingkai jendela dan lain-lain. contoh dibawah
adalah proses pengembuatan pintu kapal
a. Mold / cetakan yang permukaannya sudah diberi polish ( pelicin
b.mold/cetakan di kasih cat plincoat
c. seluruh permukaan cetakan dibalut
dengan mat+woven dan di cat (dicor)dengan resin yang sudah di campur
katalis/hardener menggunakan kuas roll/biasa.
d. proses penyiraman adonan minyak resin telah selesai dan tunggu sampai kering.
e. pintu fibergalss sudah di lepas dari cetakannya dan bagain dalam dan pinggirnya siap dihaluskan dengan gerinda.
f. pintu fiberglass sudah selesai dihaluskan dengan gerinda.
g. pintu berbahan fiberglass sudah selesai di buat dan siap dipasang
6. Proses terakhir yaitu finishing
body kapal (pendempulan dan pengecatan) serta memasang mesin ( untuk
mesin penggerak yang di instalasi didalam lambung kapal harus disertai
dengan pemasangan blower atau kipas pendingin) , dan kasesoris lainya.
a. gambar mesin tempelb. gambar mesin dalam ( diinstalasi di dalam lambung kapal)
Membuat Cetak Patung Fiber
patung fiber prosesnya agak rumit…tapi bikin penasaran kalo belum selesai…pertama-tama masternya dari tanah liat khusus, yang warnanya abu-abu..bukan tanah liat buat keramik lho..tanah liat yang dipakai untuk membuat model patung biasanya lebih liat dan gak mudah retak..
setelah modelnya jadi, tentukan posisi belahan pada model..tujuannya, supaya pada saat cetakannya dilepas dari model gak ada bagian model yang tersangkut atau menghangi cetakan, yang nantinya akan merusak model.. posisi belahan bisa menggunakan lilin plastisin atau bahan pemisah lainnya,.yang penting cetakan tidak saling melekat. setelah belahan ditentukan baru deh bikin cetakannya…
cetakan pada patung fiber terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan lentur (silicone rubber) dan lapisan keras (serat fiber)..
pada dasarnya cetakan patung terbuat dari bahan fiber dan serat, bahan yang sama seperti yang digunakan sebagai bahan dasar patung (hasil cetakan)..yang dioleskan lapisan perlapisan pada model..tapi..untuk hasil yang lebih detail dan akurat gunakan silicone rubber atau cairan sejenis karet sebagai lapisan pertamanya..ketika lapisan karet cukup tebal lapisi kembali dengan cairan serat fiber yang berfungsi sebagai cetakan…
setelah semua bagian tertutup oleh cetakan, rekatkan kedua sisi belahan pada cetakan dengan menggunakan baut..tujuannya agar pada saat cetakan akan digunakan untuk mencetak patung fiber, hasilnya tidak akan bergeser dan akan lebih sempurna menyerupai model..
setelah semua belahan diberi baut..buka kembali ikatan baut, kemudian lepaskan cetakan satu persatu dari model..
rangkai kembali cetakan yang telah dibersihkan sesiau bentuk model, dan mulai proses cetak..
mengenai proses cetak,,pada proses cetak patung fiber terdiri dari dua teknik,,teknik yang pertama yaitu cetak penuh dan yang kedua cetak kopong…
yang dimaksud dengan cetak penuh yaitu rangkaian cetakan yang telah tersusun membentuk model tadi diisi penuh dengan cairan fiber melalui satu bagian yang dilubangi pada cetakan..sedangkan yang dimaksud dengan teknik cetak kopong yaitu dalam pembentukan patungnya cetakan dilapisi fiber berlapis lapis yang kemudian dirangkai dengan lapisan fiber pada cetakan yang lain..kemungkinan patung bergeser dari cetakan lebih besar..tapi dengan teknik ini patung akan lebih kuat karena dapat kita lapisi dengan serat pada proses cetaknya, dan juga lebih hemat bahan
setelah semua proses cetak selesai…yang paling rumit menurut aku adalah peroses finishing…
terutama bagi yang menggunakan teknik cetak kopong..logika sangat berperan dalam proses cetak patung fiber…
Gambar Alat2 yg terbuat dari FiberGlass:
http://www.wahana-fiber.com/?GALERI_FOTO
Cara Membuat tangki motor dari bahan fiber
kali ini gw mau tulis selengkap mungkin proses apa aja yang udah berlanjut termasuk tutorial singkat bagaimana buat cetak body dari fiberberikut gambar-gambarnya. Detail bgt bro! (Hayoo..sapa bilang gak bisa mirip & ga bisa detail?)R6 Bodykit Set Tangki & Buntut atas dan penutupnya, siap dipasang di V-ixion
Nahh..yang ini tangki R6, 100% detail, pake tutup tangki Ninja.
Sexy banget buntut Yamaha R6. Ga sabar buat di pasang di Vixion
Nih..tangki R6 di Yamaha Vixion
Ok, kita mulai dengan “bagaimana cara cetak fiber” gw tau dah banyak yang tau tp ini buat yang pingin tau sedikit dan cara gw ini mungkin berbeda dengan cara yang sebenarnya karna gw juga belajar sendiri alias otodidak.
1kg resin, catalyst, serat fiber (mat), kuas, sumpit buat ngaduk, mirror glaze dan mangkok kecil
Barang2x yang harus disiapkan: Resin, Catalys (cairan yang buat resin jadi keras), Fiber mat dan talk. Bahan-bahan utama ini bisa dibeli di toko kimia satu set 1kg resin 1kg fiber mat (serat fiber) ama catalyst. di Jakarta sih banyak di daerah Jatinegara. Trus siapin juga gunting, kuas (beli kuas yang murah aja
karna ntar kuasnya gak kepake lagi), dan masking tape besar & kecil, sumpit buat ngaduk bisa minta ditukang mie ayam.
PERHATIAN
Debu & Serat fiber glass itu bisa buat loe gatel2x, sesak napas kalau kehirup, jadi pastikan loe kerja di tempat yang terbuka dan kerja serapih mungkin.
Kita pake tangki Vixion buat percobaan nyetaknya.
Tangki Vixion yang udah kita lapisin dengan masking tape.
Step 0. (mang ada?)
Bungkus semua permukaan tangki dengan masking tape, jangan sampe ada sedikitpun lubang karna cairan resin bisa masuk trus ngerusak tangkinya.
Santai aja bungkus yang rapi. Siapin juga koran bekas buat lindungin bagian-bagian dr Vixion loe.
Step 1.
Gunting mat fiber menurut pola tangki yang sebelumnya kita buat dari potongan koran.
Step 2.
Campurkan Resin & Catalyst, Jangan campurkan catalysnya banyak2x karna bisa ngerusak cat tangkinya karna panas dan
hasilnya pun bisa pecah-pecah.
Step 3.
Aduk yang rata, loe punya waktu kira2x 10 menit karna resin dan catalysnya akan mengental trus kering, tapi santai aja jangan buru2x kan kita ngejar
kerapihan.
Step 4.
Ambil kuasnya trus oleskan resin secara merata ke permukaan tangki, tipis aja gak apa karna fungsinya buat melekatkan mat fiber, ini layer pertama.
Step 5.
Letakkan Mat fiber diatasnya, trus di ratain lagi pake resin dengan cara tekan perlahan dengan kuas, bahasa ingrisnya “di totol totol” ..hhaha.
Step 6.
Lanjutkan semua proses sampai semua tertutup rapi dengan mat fiber, untuk hasil akhir fiber yang kuat bisa dipake 2-3 lapis mat…
Step 7.
Tunggu ampe kering, gw tinggal ke acara temen gw kawinan pulangnya dah bisa dibuka kira2x 4-5 jam.
Hasil cetakan fiber yang dah kering
Gunakan gunting untuk ngerapihin sisa-sisa fiber
Step 8.
Fiber Glass yang udah kering cabut perlahan dari tangki..agak lengket sih tapi, tarikk terusss…dan…taddaa… ini dia hasilnya.
Not Bad!. Gunting untuk meratakan dan merapikan sisa-sisa fiberglass yang ikut mengeras pada samping tangki. Tangki dan buntut belakang R6 gw dah jadi, berikut gambar-gambarnya. Detail bgt bro! (Hayoo..sapa bilang gak bisa mirip & ga bisa detail?)
Yamaha Jupiter MX 135LC, Paduan Pelat Dan Fiberglass
Sejatinya Irwan Saputra ingin ubahan di Yamaha Jupiter MX 135LC
miliknya. Pria yang tinggal di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat ini
mulai bosan dengan tampilan standar bebek sport yang dimilikinya sejak
2008 silam. “Melihat Yamaha X1-R, jadi kepingin MX dibuat seperti itu.
Desainnya lebih sporty,” bilangnya.Konsep sporty yang dimiliki bebek
super asal Thailand itu diterima sempurna oleh Dimas Erlangga. Doi,
modifikator Diemaz Motor. Langsung aja, MX milik Irwan diubah jadi
X1-R.”Model X1-R memang sudah bagus untuk konsep besutan bebek. Jadi,
enggak terlalu banyak ubahan didesain cover depan,” jelas Dimas yang
workshop-nya terletak di Perumnas 2 Karawaci, Jl. Baja Raya, No. 83,
Karawaci, Tangerang.Begitunya buat mewujudkan konsep X1-R, modifikator
yang banyak hasilkan desain nasional ini aplikasi dua macam bahan.
Yaitu, pelat besi dan fiberglass. Dua bahan ini dipakai sesuai
kebutuhan.Misalnya buat cover bodi depan. Pakai fiber, tujuannya juga
agar bobot kendaraan tidak terlalu berat daripada pakai pelat.
Menariknya, lewat bahan serat kaca ini pun bisa lebih berkreasi.Aslinya
Yamaha X1-R, cover tengah tak menutup hingga ke sisi bak kopling. Tapi,
oleh modifikator 29 tahun ini, cover di MX Irwan dibuat lebih panjang.
So, lebih tampil beda! Hal yang sama berlaku buat sepatbor depan. Agar
desain makin eye catching, pelindung cipratan air dan kotoran dari roda
itu dibuat punya lubang angin.
Kini, giliran pelat besi yang bicara. Pemakaian part ini, cenderung
hanya untuk part-part yang punya dimensi kecil. Misalnya, sepatbor
belakang dan undertail. “Pakai pelat galvanis tebal 2 mm. Sebenarnya
hingga lengan ayun juga. Tapi, hanya melapisi saja,” sebut modifikator 2
anak itu.
Dibilang melapisi, karena swing arm didesain ulang. Arm model moge ini dibuat dari pipa holow diameter 2 inci. Nah, lapisan pelat bersifat sebagai pemanis juga penguat kontruksi.
Akibat pemakaian arm buatan, peredam kejut juga menyesuaikan. Dimas aplikasi sok milik Yamaha Scorpio. “Biar rebound-nya lebih dapat. Dudukan sok atas tetap pakai braket bawaan MX. Sedang bagian bawah langsung ke arm. Braket dibuat dari pelat baja 8 mm,” tutup pria ramah ini.(motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Corsa 100/70-17
Ban belakang : Swallow 130/70-17
Pelek depan : Variasi 2,5×17
Pelek belakang : Variasi Scorpio 4×17
Diemaz Motor : (021) 950-05024
Dibilang melapisi, karena swing arm didesain ulang. Arm model moge ini dibuat dari pipa holow diameter 2 inci. Nah, lapisan pelat bersifat sebagai pemanis juga penguat kontruksi.
Akibat pemakaian arm buatan, peredam kejut juga menyesuaikan. Dimas aplikasi sok milik Yamaha Scorpio. “Biar rebound-nya lebih dapat. Dudukan sok atas tetap pakai braket bawaan MX. Sedang bagian bawah langsung ke arm. Braket dibuat dari pelat baja 8 mm,” tutup pria ramah ini.(motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Corsa 100/70-17
Ban belakang : Swallow 130/70-17
Pelek depan : Variasi 2,5×17
Pelek belakang : Variasi Scorpio 4×17
Diemaz Motor : (021) 950-05024
Yamaha V-Ixion, Imajinasi Penyuka MotoGP
Menurut Vendi, tampilan Yamaha V-ixion bisa dibuat lebih ciamik
lewat permainan fairing. Misalnya, seperti saudara kembarnya asal India.
Yaitu, Yamaha YZF R15. Standarnya sudah sporty.Tapi imajinasi di kepala
Vendi, tentu lain. Sporty yang diinginkan, cendrung mengarah ke pacuan
ala MotoGP. Ini diwujudkan lewat modifikasi yang dilakukan di pacuan
sport Yamaha 150cc keluaran 2007 miliknya. “Itu karena saya juga penyuka
MotoGP. Pakai motor prototipe, tidak pasaran,” jelas pria yang juga
pemilik gerai variasi Race Motor itu.Meski basis fairing melirik bodi
standar R15, tapi Vendi tidak langsung copy-paste ke V-ixion miliknya.
Doi coba kembangkan lagi biar makin enak dilihat. Jadi, enggak asal
caplok gitu aja.Liat aja fairing kiri-kanan standar Yamaha R15. Aslinya
baju pacuan asal Hindustan ini, tidak sampai menutupi blok kopling dan
magent. “Tapi, di V-ixion ini, kedua cover kopling dan magnet ditutup.
Biar memperkuat tampilan MotoGP,” kekeh pria berkumis tipis ini.Full
fairing ini juga ada tujuan lainnya. Yaitu agar bisa lebih berkreasi
dalam bermain grafis dan tulisan. Memang sih, lewat langkah yang
dilakukan mesin jadi sedikit lebih hangat. Soalnya kan aliran udara
enggak sebebas sebelumnya karena lebih terbuka dan mudah kena hembusan
angin. He..he..he…Proses copy R15, hanya sebatas fairing. Sebab, itu
tidak berlaku di tangki. Doi, enggak mau sama! Pakai konsep kondom alias
diselimuti bahan fiberglass, desain tangki seoalah dibuat ulang. “Model
tangki dibikin lebih bohay dan berlekuk. Kaya cepot yang rutin nampang
di MOTOR Plus,” canda Vendi yang pemotretan motornya dilakukan di
sela-sela pengambulan gambar cepot itu.Mengimbangi tangki yang sudah
tampil penuh lekuk, bodi belakang V-ixion dipensiunkan. Gantinya, doi
juga membuat ulang desain bodi baru pakai fiberglass yang dibentuk
melancip ke belakang. Selain sporty, bentuknya juga dibuat lebih
aerodinamis lewat konsep single seater.
Wah, kalo nanti ada cepot yang minta dibonceng, gimana tuh bro?
“Tenang, single seater kan hanya penutup. Kalau mau dipakai buat
berboncengan, ya tinggal dilepas, aja,” celoteh pria asal Singkawang,
Kalimantan Barat ini.
Makin istimewa karena pacuan yang sejatinya punya double arm ini, kini dibuat jadi pro arm. Pemasangan pun enggak perlu sampai nepok kepala karena bingung. “Sebab, part ini tinggal pasang aja,” bilang Vendi yang gerainya di Jl. Kebon Jeruk III, No. 35A, Jakarta Barat.
Oh ya! Biar nyentrik dan mempertegas aura motoGP, motif bendera finish-start ikut ditumpahin di baju baru. Sentuhan kecil diberikan lewat curahan carbon looks di beberapa sisi. Okeh!(motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Pro arm : Power
Ban depan : Corsa 100/70-17
Ban Belakang : Battlax BT92 150/70-17
Knalpot : Custom
Handle rem : Bikers
Makin istimewa karena pacuan yang sejatinya punya double arm ini, kini dibuat jadi pro arm. Pemasangan pun enggak perlu sampai nepok kepala karena bingung. “Sebab, part ini tinggal pasang aja,” bilang Vendi yang gerainya di Jl. Kebon Jeruk III, No. 35A, Jakarta Barat.
Oh ya! Biar nyentrik dan mempertegas aura motoGP, motif bendera finish-start ikut ditumpahin di baju baru. Sentuhan kecil diberikan lewat curahan carbon looks di beberapa sisi. Okeh!(motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Pro arm : Power
Ban depan : Corsa 100/70-17
Ban Belakang : Battlax BT92 150/70-17
Knalpot : Custom
Handle rem : Bikers
MEMBUAT BODY MOTOR DENGAN BAHAN FIBERGLASS
Spoiler for PENGENALAN BAHAN:
Sebelum kita membuat bodi motor yang kita inginkan, harus mengenali
dahulu bahan-bahan yang di perlukan dalam proses pembuatan body motor
yang terbuat dari fiberglass nanti. Berikut adalah nama bahan-bahannya
serta ciri-cirinya :
Spoiler for KATALIS:
Katalis : Cair, berwarna bening, baunya sangat menyengat, sering
disebut juga hardener, berfungsi sebagai pengering saat dicampur resin.
penggunaan katalis 1% dari resin dalam kondisi dingin. kalau cuaca panas
cukup 0.8% dari resin.
Spoiler for PEWARNA:
Pigmen/Pewarna : Berbentuk kental atau pasta. manfaatnya untuk
memberi warna atau sebagai perwarnaan dasar dr adonan fiberm sehingga
saat finishing dan pengecatan, fiber tidak memerlukan banyak cat.
tersedia dlm berbagai warna. pigmen dicampur pada resin dengan komposisi
sesuai kebutuhan : dibuat pekat atau hanya samar-samar.
Spoiler for RESIN:
Resin : wujudnya cairan kental seperti oli berwarna putih
kekuning-kuningan atau pink, berbau sangat menyengat. resin berguna
sebagai bahan dasar fiber atau campuran perekat. zat ini diadon bareng
katalis, tapi komposisinya lebih banyak daripada katalis.
Spoiler for TALK/POWDER:
Talc/Powder : berbentuk bubuk seperti bedak atau tepung berwarna
putih. lazimnya difungsikan sbg dempul atau campuran adonan fiber, bahan
ini dipakai untuk membantu proese produksi fiber agar tidak terlalu
banyak memakai resin. intinya, bubuk ini digabung dengan resin dengan
komposisi tertentu. umumnya talk juga diisebut kalsium karbonat.
Spoiler for FUMED SILICA:
Fumed silica : berwujud bubuk bening sangat halus seperti kapas,
berguna sbg campuran resin untuk membuat permukaan fiber lebih keras,
terutama saat membuat master cetakan. ada beberapa merk seperti Hdk.
Spoiler for MATT:
Matt : Bentuknya anyaman benang-benang halus berwarna putih.
berguna sebagai bahan pembentuk fiber dan mengikat zat kimia adonan.
Spoiler for ROVING:
Roving/Matt : ini juga material pengikat. sekaligus penguat fiber.
bentuknya juga anyaman seperti matt, hanya lebih kasar seperti karung.
ada ukuran 200, 400,600,800
Spoiler for COBALT:
Cobalt : Berupa zat cair bening yang memiliki aroma menyengat.
kegunaannya mirip katalis, tapi untuk mempercepat pengeringan. cobalt
akan bereaksi panas jika kena katalis. makanya resin yang sudah ada
cobaltnya jika terkena katalis akan panas. pakenya 0,1 0,2 persen dari
resin.
Spoiler for MIRROR GLAZE:
Mirror Glaze/MGH 8 : berbentuk pasta atau krim agak padat,seperti
compound dan dimanfaatkan sebagai pelapis antara bidang mal atau cetakan
dan material adonan fiber sehingga kedua bagian tadi tidak saling
menempel.
Spoiler for PVA:
PVA : Mirip mirror glaze. bahan ini juga berfungsi sebagai pelapis
antara mal dan adonan fiber untuk produksi massal. penggunaanya bisa
digabung dengan mirror atau mengganti fungsi mirror.
Setelah kita mengetahui dan hafal di luar kepala nama bahan bahan pembuat fiberglass yang di perlukan.. Mari kita lanjutkan ketahap berikutnya.
Setelah kita mengetahui dan hafal di luar kepala nama bahan bahan pembuat fiberglass yang di perlukan.. Mari kita lanjutkan ketahap berikutnya.
Spoiler for MERAMU ADONAN DASAR:
Untuk yang sederhana, kita pakai tiga bahan dasarnya terlebih
dahulu seperti Resin, Matt, dan katalis. ketiga bahan tadi sudah bisa
bikin fiberglass, tetapi tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas
fiberglass, makin lengkap bahannya pasti makin bagus kualitasnya asalkan
komposisi dan takarannya tepat.Prosesnya :
Siapkan ketiga bahan fiber yang disebutkan diatas.
Sediakan alat bantu; wadah khusus untuk mengaduk adonan, sebatang besi atau kayu/plastik untuk mengaduk, kuas kecil, dan gerinda atau alat potong.
sekarang tuangkan resin di dalam wadah yg sudah disediakan. kira2 1/2 gelas air mineral ukuran 200ml. lalu beri katalis 1 tetes atw secukupnya, adonan jgn terlalu encer atw terlalu kental, jadi sedang2 saja. semakin banyak diberi katalis maka akan semakin encer adonannya.
sampai situ, adonan sudah jadi dan siap dipakai.
Berikutnya, langkah pencetakan, pilih, benda apa yang mau dibentuk. oke, untuk praktik ini contohnya kita bisa pake bodi belakang motor asli. tandai bagian yang akan dicetak menggunakan isolasi plastik warna coklat. hati2 terhadap adonan jgn sampai menempel pd cat, karena akan merusak cat. maka solusinya sediain banyak koran deh untuk nutupin setiap bagian yg rawan terkena tetesan adonan.
Jika permukaan sudah tertutup rapi, letakan matt di bagian itu lalu poleskan adonan secara merata dgn kuas kecil. lakukan perlahan sampai semua permukaan yang akan dicetak tertutup rapi. jd harus kelihatan basah.
Kalo semua sudah tertutup adonan, tunggu sampai kering.
Bila sudah kering atau mengeras, copot cetakan fiber itu. klo msh 1 lapis biasanya tidak terlalu sulit dilepas, beda kalo sudah 2-3 lapis, lepasnya harus pake obeng minus.
Untuk finishing agar kelihatan bagus maka rapikan ujung-ujungnya pake gerinda, setelah itu dicat deh, selesai.
Proses diatas itu hanya meng-kopi bentuk dr bodi motor aja, jd klo pengen bikin bodi motor sesuai imajinasi maka tentunya harus bisa bikin cetakan sendiri yg sesuai dengan imajinasi itu sendiri. cara diatas jd tidak berlaku.
Siapkan ketiga bahan fiber yang disebutkan diatas.
Sediakan alat bantu; wadah khusus untuk mengaduk adonan, sebatang besi atau kayu/plastik untuk mengaduk, kuas kecil, dan gerinda atau alat potong.
sekarang tuangkan resin di dalam wadah yg sudah disediakan. kira2 1/2 gelas air mineral ukuran 200ml. lalu beri katalis 1 tetes atw secukupnya, adonan jgn terlalu encer atw terlalu kental, jadi sedang2 saja. semakin banyak diberi katalis maka akan semakin encer adonannya.
sampai situ, adonan sudah jadi dan siap dipakai.
Berikutnya, langkah pencetakan, pilih, benda apa yang mau dibentuk. oke, untuk praktik ini contohnya kita bisa pake bodi belakang motor asli. tandai bagian yang akan dicetak menggunakan isolasi plastik warna coklat. hati2 terhadap adonan jgn sampai menempel pd cat, karena akan merusak cat. maka solusinya sediain banyak koran deh untuk nutupin setiap bagian yg rawan terkena tetesan adonan.
Jika permukaan sudah tertutup rapi, letakan matt di bagian itu lalu poleskan adonan secara merata dgn kuas kecil. lakukan perlahan sampai semua permukaan yang akan dicetak tertutup rapi. jd harus kelihatan basah.
Kalo semua sudah tertutup adonan, tunggu sampai kering.
Bila sudah kering atau mengeras, copot cetakan fiber itu. klo msh 1 lapis biasanya tidak terlalu sulit dilepas, beda kalo sudah 2-3 lapis, lepasnya harus pake obeng minus.
Untuk finishing agar kelihatan bagus maka rapikan ujung-ujungnya pake gerinda, setelah itu dicat deh, selesai.
Proses diatas itu hanya meng-kopi bentuk dr bodi motor aja, jd klo pengen bikin bodi motor sesuai imajinasi maka tentunya harus bisa bikin cetakan sendiri yg sesuai dengan imajinasi itu sendiri. cara diatas jd tidak berlaku.
Spoiler for MEMBUAT CETAKAN CUSTOM:
Berikut adalah beberapa cara membuat cetakan, yaitu:
Karton,duplex dll : Karton ditempelin di bodi motor, atau rangka motor dibentuk sesuai keinginan.biasanya kurang rapih klo kita bikin manual, so klo bisa desain, coba menggunakan software seperti LIGHTWAVE 3D atau 3DsMax. Bikin desainnya di komputer, lalu print. hasilnya pasti lebih bagus.
Tanah liat : Proses pembuatannya seperti membuat kerajinan gerabah (pot, kendi dsb). Dibentuk sesuai keinginan kita setelah itu kita tempelin dengan adonan fiber.
Silikon : cocok untuk cetakan body/bentuk sulit yang banyak tekukan dan tanpa sambungan, bahan ini dapat dicari di toko kimia, ukurannya per kaleng. Dan harganya sekitar 60 ribuan.Bubuk gypsum : Lebih praktis, bubuk gybsum dicampur air. Lalu tempel ke motor body motor yang ingin dimodif, tunggu 10 menit sampai agak keras. Setelah itu pelan-pelan dipapas menggunakan sejenis penggaris besi hingga jadi bentuk motor diinginkan .setelah itu bikin malnya pake fiberglass.
Prosesnya :
Siapkan ketiga bahan fiber yang disebutkan diatas.
Sediakan alat bantu; wadah khusus untuk mengaduk adonan, sebatang besi atau kayu/plastik untuk mengaduk, kuas kecil, dan gerinda atau alat potong.
sekarang tuangkan resin di dalam wadah yg sudah disediakan. kira2 1/2 gelas air mineral ukuran 200ml. lalu beri katalis 1 tetes atw secukupnya, adonan jgn terlalu encer atw terlalu kental, jadi sedang2 saja. semakin banyak diberi katalis maka akan semakin encer adonannya.
sampai situ, adonan sudah jadi dan siap dipakai.
Berikutnya, langkah pencetakan, pilih, benda apa yang mau dibentuk. oke, untuk praktik ini contohnya kita bisa pake bodi belakang motor asli. tandai bagian yang akan dicetak menggunakan isolasi plastik warna coklat. hati2 terhadap adonan jgn sampai menempel pd cat, karena akan merusak cat. maka solusinya sediain banyak koran deh untuk nutupin setiap bagian yg rawan terkena tetesan adonan.
Jika permukaan sudah tertutup rapi, letakan matt di bagian itu lalu poleskan adonan secara merata dgn kuas kecil. lakukan perlahan sampai semua permukaan yang akan dicetak tertutup rapi. jd harus kelihatan basah.
Kalo semua sudah tertutup adonan, tunggu sampai kering.
Bila sudah kering atau mengeras, copot cetakan fiber itu. klo msh 1 lapis biasanya tidak terlalu sulit dilepas, beda kalo sudah 2-3 lapis, lepasnya harus pake obeng minus.
Untuk finishing agar kelihatan bagus maka rapikan ujung-ujungnya pake gerinda, setelah itu dicat deh, selesai.
Proses diatas itu hanya meng-kopi bentuk dr bodi motor aja, jd klo pengen bikin bodi motor sesuai imajinasi maka tentunya harus bisa bikin cetakan sendiri yg sesuai dengan imajinasi itu sendiri. cara diatas jd tidak berlaku.
Karton,duplex dll : Karton ditempelin di bodi motor, atau rangka motor dibentuk sesuai keinginan.
biasanya kurang rapih klo kita bikin manual, so klo bisa desain, coba menggunakan software seperti LIGHTWAVE 3D atau 3DsMax. Bikin desainnya di komputer, lalu print. hasilnya pasti lebih bagus.
Tanah liat : Proses pembuatannya seperti membuat kerajinan gerabah (pot, kendi dsb). Dibentuk sesuai keinginan kita setelah itu kita tempelin dengan adonan fiber.
Karton,duplex dll : Karton ditempelin di bodi motor, atau rangka motor dibentuk sesuai keinginan.biasanya kurang rapih klo kita bikin manual, so klo bisa desain, coba menggunakan software seperti LIGHTWAVE 3D atau 3DsMax. Bikin desainnya di komputer, lalu print. hasilnya pasti lebih bagus.
Tanah liat : Proses pembuatannya seperti membuat kerajinan gerabah (pot, kendi dsb). Dibentuk sesuai keinginan kita setelah itu kita tempelin dengan adonan fiber.
Silikon : cocok untuk cetakan body/bentuk sulit yang banyak tekukan dan tanpa sambungan, bahan ini dapat dicari di toko kimia, ukurannya per kaleng. Dan harganya sekitar 60 ribuan.Bubuk gypsum : Lebih praktis, bubuk gybsum dicampur air. Lalu tempel ke motor body motor yang ingin dimodif, tunggu 10 menit sampai agak keras. Setelah itu pelan-pelan dipapas menggunakan sejenis penggaris besi hingga jadi bentuk motor diinginkan .setelah itu bikin malnya pake fiberglass.
MEMBUAT BODY MOTOR DENGAN BAHAN FIBERGLASS
Setelah kita mengetahui dan hafal di luar kepala nama bahan – bahan pembuat fiberglass yang di perlukan.. Mari kita lanjutkan ketahap berikutnya.
MERAMU ADONAN DASAR
Untuk yang sederhana, kita pakai tiga bahan dasarnya terlebih dahulu
seperti Resin, Matt, dan katalis. ketiga bahan tadi sudah bisa bikin
fiberglass, tetapi tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas
fiberglass, makin lengkap bahannya pasti makin bagus kualitasnya asalkan
komposisi dan takarannya tepat.Prosesnya :
Siapkan ketiga bahan fiber yang disebutkan diatas.
Sediakan alat bantu; wadah khusus untuk mengaduk adonan, sebatang besi atau kayu/plastik untuk mengaduk, kuas kecil, dan gerinda atau alat potong.
sekarang tuangkan resin di dalam wadah yg sudah disediakan. kira2 1/2 gelas air mineral ukuran 200ml. lalu beri katalis 1 tetes atw secukupnya, adonan jgn terlalu encer atw terlalu kental, jadi sedang2 saja. semakin banyak diberi katalis maka akan semakin encer adonannya.
sampai situ, adonan sudah jadi dan siap dipakai.
Berikutnya, langkah pencetakan, pilih, benda apa yang mau dibentuk. oke, untuk praktik ini contohnya kita bisa pake bodi belakang motor asli. tandai bagian yang akan dicetak menggunakan isolasi plastik warna coklat. hati2 terhadap adonan jgn sampai menempel pd cat, karena akan merusak cat. maka solusinya sediain banyak koran deh untuk nutupin setiap bagian yg rawan terkena tetesan adonan.
Jika permukaan sudah tertutup rapi, letakan matt di bagian itu lalu poleskan adonan secara merata dgn kuas kecil. lakukan perlahan sampai semua permukaan yang akan dicetak tertutup rapi. jd harus kelihatan basah.
Kalo semua sudah tertutup adonan, tunggu sampai kering.
Bila sudah kering atau mengeras, copot cetakan fiber itu. klo msh 1 lapis biasanya tidak terlalu sulit dilepas, beda kalo sudah 2-3 lapis, lepasnya harus pake obeng minus.
Untuk finishing agar kelihatan bagus maka rapikan ujung-ujungnya pake gerinda, setelah itu dicat deh, selesai.
Proses diatas itu hanya meng-kopi bentuk dr bodi motor aja, jd klo pengen bikin bodi motor sesuai imajinasi maka tentunya harus bisa bikin cetakan sendiri yg sesuai dengan imajinasi itu sendiri. cara diatas jd tidak berlaku.
MEMBUAT CETAKAN CUSTOM
Berikut adalah beberapa cara membuat cetakan, yaitu:Karton,duplex dll : Karton ditempelin di bodi motor, atau rangka motor dibentuk sesuai keinginan.
biasanya kurang rapih klo kita bikin manual, so klo bisa desain, coba menggunakan software seperti LIGHTWAVE 3D atau 3DsMax. Bikin desainnya di komputer, lalu print. hasilnya pasti lebih bagus.
Tanah liat : Proses pembuatannya seperti membuat kerajinan gerabah (pot, kendi dsb). Dibentuk sesuai keinginan kita setelah itu kita tempelin dengan adonan fiber.
(a) mencampur 6 (enam) bahan utama menjadi bahan dasaran;
(b) membuat campuran penguat; dan
(c) finishing atau penyempurnaan.
Agar dapat dihasilkan kualitas Fiberglass yang kuat,campuran bahan untuk master cetakan harus lebih tebal dari pada Fiberglass hasil, yaitu sekitar 2-3 mm atau dilakukan 3-4 kali pelapisan. Sebagai gambaran misalnya akan membuat sebuah komponen bodi kendaraan.
Proses membuat campurannya adalah sebagai berikut :
Resin sejumlah 1,5 — 2 liter dicampur dengan talk dan diaduk rata. Apabila campuran yang terjadi terlalu kental maka perlu ditambahkan katalis. Penggunaan katalis harus sesuai dengan perbandingan 1 : 1/40. Oleh karena itu apabila resinnya 2 liter, maka katalisnya 50 cc.
Selanjutnya ditambahkan erosil antara 400 — 500 gram pada campuran tersebut dan ditambahkan pula pigmen atau zat pewarna.
Apabila semua campuran tersebut diaduk masih terlalu kental, maka perlu ditambahkan katalis dan apabila campurannya terialu encer dapat ditambahkan aseton. Pemberian banyak sedikitnya katalis akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses pengeringan. Pada cuaca yang dingin akan dibutuhkan katalis yang lebih banyak.
Setelah campuran bahan dasar dibuat, langkah berikutnya adalah memoles permukaan cetakan dengan mirror (sebagai pelicin dan pengkilap) dan dilakukan memutar sampai lapisannya benar-benar merata.
Agar didapatkan hasil yang lebih baik, perlu ditunggu beberapa menit sampai pelicin tersebut menjadi kering.Untuk mempercepat proses pengeringan, dapat dijemur di terik matahari.
Apabila mirror sudah terserap, permukaan cetakan dapat dilap dengan menggunakan kain bersih hingga mengkilap.
Selanjutnya permukaan cetakan dioleskan PVA untuk menjaga agar permukaan cetakan tidak lengket dengan Fiberglass hasil.
Langkah berikutnya adalah mengoleskan permukaan cetakan dengan adonan/campuran dasar sampai merata, dan ditunggu sampai setengah kering.
Selanjutnya di atas campuran yang telah dioleskan dapat diberi selembar mat sesuai dengan kebutuhan, dan dilapisi lagi dengan adonan dasar. Untuk menghindari adanya gelembung udara, pengolesan adonan dasar dilakukan sambil ditekan, sebab gelembung akan mengakibatkan Fiberglass mudah keropos. Jumlah pelapisan adonan dasar disesuaikan dengan keperluan, makin tebal lapisan maka akan makin kuat daya tahannya. Selain itu sebagai penguat dapat ditambahkan tulangan besi atau tripleks, terutama untuk bagian yang lebar. Tujuannya adalah agar hasilnya tidak mengalami kebengkokan.
Apabila diperlukan, dilakukan pengerolan menyesuaikan alur-alur atau lekukan-lekukan yang ada di cetakan.
Untuk mempercepat proses pengeringan, dapat dijemur di terik matahari.Pelepasan Fiberglass hasil dilakukan apabila lapisan adonan tersebut sudah kering dan mengeras, sebab apabila dilepas sebelum kering dapat terjadi penyusutan.Pada langkah finishing, dilakukan pengamplasan permukaan Fiberglass, pendempulan, dan pengecatan sesuai denganwarna yang diinginkan
infonya berguna sekali trims gan
ReplyDeletesama-sama gan.....moga bermanfaat...
ReplyDeleteterimakasih sangat bagus artikelnya dan sangat bermanfaat
ReplyDeleteindo fiber sejati
terimakasih informasinya gan sangat membantu bagi saya yang bergerak dalam bidang pembuatan kerajinan berbahan fiberglass, seperti :
ReplyDeleteSeluncuran spiral
Race Family
Jamur Air
Ember Tumpah
Spiral Waterslide
Produk lainnya