PASANG OIL COLLER DI YAMAHA BYSON
Dalam kesehariannya berangkat ke tempat
kerja naik Yamaha Byson, dengan kondisi Jakarta yang semakin panas dan
mesin yang sudah di-upgrade performanya, Gangan M. Rizal merasa suhu mesin juga semakin terasa di kaki.
“Sangat terasa di kaki, makanya mesti sedikit diturunkan nih biar lebih nyaman,” papar pria yang tinggal di daerah Karang Tengah, Ciledug, Tangerang. Keluhan tersebut disampaikan pada Emin Susanto dari bengkel Hidup Baru Motor.
Beruntung Emin yang bengkelnya berada di Jl. Ciledug Raya No. 8 Petukangan, Jaksel ini punya jurus ampuh sebagai solusi. “Pasang saja oil cooler (gbr.1), pasti mesin lebih adem,” paparnya.
Tentu saja lebih adem, lantaran sebelum oli bekerja melumasi dan mendinginkan bagian silinder dan kop, didinginkan dahulu oleh angin yang lewat kisi-kisi oil cooler. Pastinya dengan suhu lebih cool, performa akan tetap optimal dan mesin lebih awet.
Nah gimana cara pasangnya? Tentu saja siapkan dahulu oil cooler-nya. Contoh yang dijajakan Emin, harganya Rp 500 ribu sudah berikut slang, klem, baut dan ring (gbr.2). Atau bisa juga cari milik Suzuki Satria FU.
Setelah oil cooler di tangan, buka bak kopling dengan melepas semua bautnya pakai kunci T-8. Nah pekerjaan selanjutnya mesti bekerjasama dengan tukang las babet. Lantaran mesti bikin dudukan nipel selang. Tepatnya di sisi atas pas di jalur oli (gbr.3).
“Jadi jalur olinya di-by pass. Tengahnya ditutup lalu diarahkan naik ke oil cooler, satunya untuk lubang masuk dibikin berjejer,” lanjut Emin. Efek negatifnya bak kopling jadi susah dibikin balik ke standar, karena jalur oli sudah dilas.
Begitu jalur oli beres dan masih di tukang las, minta tukangnya pakai las karbit untuk bikin dudukan oil cooler, cukup pakai peat 3-4 mm. Tepatnya dilas di sasis belakang komstir (gbr.4). Nah sekarang tinggal rakit deh oil cooler berikut slang-slangnya. “Jangan lupa tambahkan oli 200 ml ya,” tutup Emin yang berbadan tinggi ini.
Siap Bos!
“Sangat terasa di kaki, makanya mesti sedikit diturunkan nih biar lebih nyaman,” papar pria yang tinggal di daerah Karang Tengah, Ciledug, Tangerang. Keluhan tersebut disampaikan pada Emin Susanto dari bengkel Hidup Baru Motor.
Beruntung Emin yang bengkelnya berada di Jl. Ciledug Raya No. 8 Petukangan, Jaksel ini punya jurus ampuh sebagai solusi. “Pasang saja oil cooler (gbr.1), pasti mesin lebih adem,” paparnya.
Tentu saja lebih adem, lantaran sebelum oli bekerja melumasi dan mendinginkan bagian silinder dan kop, didinginkan dahulu oleh angin yang lewat kisi-kisi oil cooler. Pastinya dengan suhu lebih cool, performa akan tetap optimal dan mesin lebih awet.
Nah gimana cara pasangnya? Tentu saja siapkan dahulu oil cooler-nya. Contoh yang dijajakan Emin, harganya Rp 500 ribu sudah berikut slang, klem, baut dan ring (gbr.2). Atau bisa juga cari milik Suzuki Satria FU.
Setelah oil cooler di tangan, buka bak kopling dengan melepas semua bautnya pakai kunci T-8. Nah pekerjaan selanjutnya mesti bekerjasama dengan tukang las babet. Lantaran mesti bikin dudukan nipel selang. Tepatnya di sisi atas pas di jalur oli (gbr.3).
“Jadi jalur olinya di-by pass. Tengahnya ditutup lalu diarahkan naik ke oil cooler, satunya untuk lubang masuk dibikin berjejer,” lanjut Emin. Efek negatifnya bak kopling jadi susah dibikin balik ke standar, karena jalur oli sudah dilas.
Begitu jalur oli beres dan masih di tukang las, minta tukangnya pakai las karbit untuk bikin dudukan oil cooler, cukup pakai peat 3-4 mm. Tepatnya dilas di sasis belakang komstir (gbr.4). Nah sekarang tinggal rakit deh oil cooler berikut slang-slangnya. “Jangan lupa tambahkan oli 200 ml ya,” tutup Emin yang berbadan tinggi ini.
Siap Bos!
Comments
Post a Comment