kunci rahasia sepeda motor 3
MotoBike -
Pengaman motor karya Budi Prastowo ini memang unik. Enggak makan atau
minum listrik, punya beberapa tipe namun dengan satu tujuan, mengamankan
motor dari pencurian. Salah satunya yang diperagakan di kediamannya di Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jaktim.
Jadi, ketika motor ada yang
jail, sistem baru bekerja. Saat itu, ketika setang diluruskan maka
sirine akan berteriak dan sistem kelistrikan enggak berfungsi. Ada juga sih
yang tipe lain, yakni 7 detik usai motor dijaili, sirine akan
koar-koar. Uniknya, untuk menonatifkan sistem ini, cukup colek bagian
tertentu dari motor yang ‘sensitif’.
Semua itu berkat sistem dua
blok yang dikembangkan oleh pria 35 tahun penggemar elektronik ini.
Blok pertama disebut blok pemicu alarm dan blok kedua disebut blok
pembuka. “Tak ubahnya ada dua buah kunci kontak, jadi listrik terhubung
pertama ke kunci kontak, kedua ke sensor sentuh (blok pembuka),” ungkap
Budi yang memberi merek Graftech pada rancangannya tersebut.
Modul pemicu dihubungkan ke saklar magnetik - Salah satu contoh lokasi sensor pembuka
Blok pemicu terhubung ke
sakelar magnetik di setang. Jadi ketika motor dijaili dan setang dalam
posisi lurus, sakelar akan aktif membunyikan sirine dan mesin enggak
bisa hidup.
Sementara blok pembuka
memiliki sensor sentuh. Jadi saat sirine meraung, Anda cukup menyentuh
dua buah sensor berbarengan untuk mematikannya. Sensor ini ditaruh di
tempat yang tersembunyi, terbuat dari logam dan enggak terhubung ke
sasis (aki negatif). “Satu sensor sebagai receiver
satu lagi sebagai pemancar. Sebenarnya tubuh kita bisa menghantar
listrik walaupun kecil. Arus kecil itu harus diperkuat untuk
menggerakkan relay (menonaktifkan sirine),” lanjutnya.
Selain terdapat sensor
sentuh, disediakan juga sakelar manual untuk jaga-jaga kalau sistem
bekerja di saat yang enggak diinginkan. Tetapi kemungkinannya kecil,
sebab banyak sekali hal-hal yang sudah dipikirkan selama proses
pembuatan pengaman ini. Misal, alarm aktif saat motor dicuci dan
sebagainya.
Terdapat saklar biasa buat jaga - jaga. Lokasi pastinya harus rahasia
Nah, kenapa dibuat dua blok atau modul, juga bagian dari pemikiran matang. Yakni mempermudah layanan after sales service
yang dia garansi sampai 3 tahun. “Memang enggak praktis. Tapi kalau ada
kerusakan, cukup liat mana yang perlu diganti. Apakah blok pemicu atau
blok pembukanya, jadi cukup satu saja yang diganti”.
Sebagai contoh, pengaman
seharga Rp 130 ribu ini diperagakan pada Honda CS1. Kalau diurut satu
per satu, di situ dipasang blok pemicu, sensor magnetik dan sirine. Blok
ini terhubung dengan kunci kontak dan sensor magnetik di setang.
Setelah itu dipasang blok
pembuka. Di mana terdapat rangkaian berupa dua sensor sentuh
masing-masing di baut yang enggak terhubung ke sasis tadi dan sakelar
manual yang ditaruh di dalam bagasi kecil. Tapi ingat ini hanya sampel,
posisi sensor-sensor pastinya enggak perlu ditiru dan sembunyikan di
lokasi yang kita ingat.
Comments
Post a Comment