Modifikasi mesin byson turing semisport 22 DK

Posted: 16 Agustus 2012 in MESIN DAN BALAP
Kaitkata:, , , , , , ,
3
Alhamdulillah ,
Gambar
Kicks RAT ber pose dengan Byson modifan nya
Kreasi di bulan Ramadhan memang banyak membawa berkah. Modifikasi mesin pun rasanya diberi kemudahan, dan didatangkan pelanggan yang menyenangkan. Bukan hanya menginginkan motor kencang, tapi juga mengajak kita lebih pintar, mereka rela berkorban dana untuk riset dan pengembangan. Adalah Mr.D , mahasiswa STIE Mahardika Surabaya, mengantarkan yamaha byson nya untuk dimodifikasi. Pokoknya enak dibuat turing ke luar kota dan asyik dibawa meliuk-liuk kota surabaya. Tentu saja Byson standard yang bertenaga hanya 12,1 dk kurang asyik diajak bermain.
Modifikasi dapur pacu langsung dilakukan menyeluruh, mulai dari dasar bawah crankcase. Kruk as dibongkar untuk dibalance ulang, dan di ganti dengan stang Ninja 150R, otomatis langkah stroke pun naik dari standardnya. Stroke up dipilih untuk meningkatkan torsi di putaran bawah, dan melimitasi tenaga supaya tidak terlalu memuncak. Kelebihan stang piston ninja selain ringan, di sisi big end terdapat belahan pada center stang piston untuk melumasi big end supaya tidak macet. Pada small end, terdapat bearing bambu untuk menggamit pin piston supaya licin berputar, minim gesekan tentunya. Kontruksi ini juga terinspirasi dari lari motor 2tak yang enteng.
Masalah dapur pacu, piston dipilih basic dari Honda Tiger untuk paket murmerceng, atau bisa pakai piston Forged Hispeed untuk tenaga yang lebih dahsyat sebenarnya. Alasan, pastinya lebih aman karena pin piston 15mm sama dengan asli , dan berat piston tiger tidak jauh dari standard byson. Karena basic pakai piston Tiger, maka kompresi di patok tak lebih dari 10,5 : 1 supaya awet dan mesin tidak meletus jika diajak jalan jauh.
Gambar
dyno table byson 199cc
Noken as hanya dicolek sedikit, cukup 1mm saja supaya tidak perlu mengganti pir klep dengan yang lebih keras. Karburator di comot dari Honda Nsr SP dengan venturi 28mm, komposisi pilot jet #48, main jet #125 dirasa cukup melayani ruang bakar supaya tidak kehausan. CDI sebagai otak pengapian tetap menggunakan BRT Dualband Tune up/Racing yang di seting advance. Kampas kopling didukung milik Yamaha Scorpio dengan pir kopling dari Honda Ninja 150R, cukup untuk membuat byson anti selip Knalpot custom hitungan dari bengkel, mengawal gas buang ke udara lebih los.
Kami masih percaya bahwa cylinder head merupakan sumber utama tenaga, potensial flow yang bagus selalu menghasilkan tenaga efisien. Klep mengandalkan milik Mitsubitshi Lancer , diameter 30,5 / 25,5 ,walau sebenarnya dengan diameter piston yang ada bisa dimaksimalkan hingga 33/28, namun senjata itu disimpan untuk penelitian selanjutnya aja deh. Hehehe… Dengan spec saat ini hasil portingan didapatkan flow head 122cfm , dari hasil flow bench ini bisa ditarik kesimpulan bahwa efisiensi porting dan katup sudah bagus, dimana sebenarnya potensial tenaga bisa hingga 30dk, kalau saja pemilik motor mau ugal-ugalan dalam ber investasi racing part, pasang karburator Keihin PWK 35mm Sudco Amerika punya, misalnya, jadinya motor balap nanti.. hahaha… :D
Gambar
Head byson klep EE, kubah dilebarkan supaya kompresi tidak terhimpit
Karena kompresi relatif rendah hal ini menjadikan efisiensi thermal di ruang bakar juga kurang maksimal menghasilkan tenaga, namun keuntungannya, part lebih awet dan bahan bakar masih bisa menggunakan premium. Torsi sudah menggapai efisiensi maksimum di 19N.m, hanya tenaga yang kurang maksimal, hanya 22 Dk. Disyukuri aja dulu… Penambahan tenaga tidak melulu dari kapasitas silinder, meski masih 199cc seperti sekarang. Lalu pa yang harus dilakukan kalau pengen tenaganya naik lagi? Perolehan tenaga bisa dikail dari Kompresi tinggi, Lift noken as ditinggikan, porting dibesarkan, dan venturi karburator dibesarkan. Belum lagi kalau besok bikin yang 225cc atau 250cc hahaha… Yang penting…
Gambar
Blok piston tiger, permukaan flat, kompresi rendah, liner tebal 3,5mm
TETAP SEHAT – TETAP SEMANGAT ! BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI!
RAT MOTORSPORT INDONESIA

Comments

Popular Posts