Toyota Beroperasi Kembali di China




Tokyo, KompasOtomotif - Setelah berhenti produksi sejak awal pekan lalu, Toyota mengumumkan mulai kembali beroperasi di China, hari ini (Senin, 24/9/2012). Seluruh kegiatan produksi di sembilan pabriknya di China, juga kembali melakukan aktivitas.

Juru bicara Toyota mengatakan, beberapa pabrik sempat dihentikan sementara pekan lalu, tanpa menjelaskan lokasinya. Dengan surutnya gelombang protes terhadap produk Jepang dalam beberapa hari terakhir, Toyota memutuskan kembali beroperasi di China.

Menurut survei yang dilakukan Reuters, 41 persen perusahaan Jepang berpendapat persitegangan dengan China mempengaruhi rencana bisnis mereka ke depan. Beberpa perusahaan justru memilih lokasi baru untuk ekspansi ketimbang harus menetap di China.

Hubungan China-Jepang kali ini menjadi yang terburuk karena perebutan klaim kepemilikan pulau Senkaku (Jepang) atau Diaoyu (CHina) di Laut China Timur. Koran Jepang, Asahi Shimbun menulis, pihak Bea Cukai di Tianjin, China mengatakan semua produk impor dari Jepang akan diperiksa jauh lebih ketat. Situasi ini menyeabkan pasokan ke China terlambat.

Di sisi lain, Honda Motor Company sudah melakukan langkah pasti dengan pertimbangan penuh. "Kami tengah memprediksi apa yang terjadi di masa mendatang dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghindari dampak selanjutnya pada bisnis kami," beber Bos Honda Takanobu Ito.

Comments

Popular Posts