Modif Yamaha Mio J 2012 & Yamaha Mio Sporty 2010 (Jakarta)

Yamaha Mio J dan Mio Sport, TTX Versi Lokal Tinggal Ganti Baju!


Waktu berkunjung ke Bangkok Motor Show 2012, Johny Lipurnomo yang juragan Custom World itu langsung kepincut Yamaha TTX yang sedang dilaunching kala itu. Lalu, doi pun kepikiran untuk pesan bodinya dan pasang di Yamaha Mio Sporty yang nganggur di rumah.

“Untuk skubek, modelnya tergolong baru. Benar-benar beda dan konsepnya belum ada di Indonesia,” ujar pemilik gerai variasi di Jl. Sumagung III, Blok E-3, No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara itu.
Tetapi, dasar pedege alias pedagang, membawa oleh-oleh pun enggak cuma satu. Namun 5 set bodi langsung diorder dari Thailand buat dikirim ke Tanah Air. He.. he.. he... Maaf Bro...

Namun karena itu juga, banyak penyuka modif yang ikut menikmati ‘segarnya’ tampilan skubek terbaru dari Yamaha Thailand itu. Apalagi di Indonesia, belum tentu meluncur ke pasaran.

Salah satunya, Fahrul Rozy. Pemilik Yamaha Mio J yang tinggal di Tanjung Priok Jakarta Utara ini pun ikut tertarik aplikasi bodi TTX. “Tampangnya cocok banget dipakai di perkotaaan. Modelnya juga futuristik,” sebut Fahrul yang juga punya beberapa skubek Yamaha modif.

So, kedua skubek Yamaha itu pun langsung masuk ‘meja operasi’. Soal pemasangan bodi, diserahkan ke Arief Rahman Hasyim yang pemilik workshop Billy Speed di Kemayoran, Jakarta Pusat. “Iya, untuk pasang diserahkan ke Billy,” aku Johny yang bisa dikontak di HP. 0818-08088-060.
Untuk pasang satu set bodi yang dijual Rp 5 jutaan dengan jumlah 70 item part ini, Arief alias Billy pun melakukan beberapa penyesuaian. “Paling utama di bagian kunci kontak. Kalau kunci kontak sudah disesuaikan letaknya dengan bodi, yang lain tinggal mengikuti,” bilang modifikator berkacamata itu.

Panel kontak sendiri, Billy aplikasi milik Yamaha New Jupiter Z1. Begitunya bentuk panel kontak bisa disesuaikan dengan besarnya lubang panel di bodi.

Setelah itu, doi sesuaikan dek buat pijakan kaki pengendara. “Kalau di Mio J, lebih enak. Tak banyak ubahan. Tapi, kalau di Mio Sporty harus ubah letak dudukan braket,” kata Billy.

Yang paling penting lagi, penyesuaian di bagian pengunci jok. Karena posisi pengunci jok TTX ada di tengah. Sedang Mio J dan Mio Sporty lebih ke kanan. Maka itu, Billy pun bikin braket baru agar jok bisa terkunci. “Kalau untuk di Mio Sporty, braket ini jadi sekalian buat pegangan lampu belakang,” tutup Billy.

Hayuk bikin! (motorplus-online.com)

Comments

Popular Posts