Senin, 08 Oktober 2012

Modif Honda Tiger, 2005 (Jakarta)


Honda Tiger, Bergaya Moge Retro

Sekadar iseng, Bowo searching di internet. Bowo yang bernama lengkap Hasmoro Wibowo ini cari inspirasi buat modifikasi Honda Tiger-nya. Akhirnya pilihan konsep jatuh pada Ducati GT Sport Classic 1000.

Walau tak semudah yang apa yang dibayangkan, prosesi modifikasi ini tetap dilaksanakan. Secara tampilan memang tak serumit jika ganti baju dengan konsep street fighter atau full fairing bergaya racing look. Tapi, model begini juga tak kalah gengsi dan berkelas.

Perubahan utama difokuskan pada kaki-kaki. Sok depan sudah pakai upside down Aprilia RS125. “Komstirnya pakai punya Aprilia, tapi dibubut agar pas bisa masuk ke rangka asli Tiger,” terang Opay dari rumah modifikasi Westing House.

Untuk kaki belakang, modifikator yang bernama asli Hanapi Hasan ini tetap mempertahankan swing arm asli. “Sedikit dilebarin dengan las aragon, eh argon biar ban lebar enggak mentok,” kata Opay. Tak salah memang usaha ganti kaki-kaki yang dilakukan Opay pada Tiger milik Bowo ini.

Handling juga cukup mantap saat MOTOR Plus coba jajal sendiri. “Minggu kemarin langsung dipake turing ke Bandung, Alhamdulilah handling enggak mengalami masalah,” kata Bowo yang baru punya anak satu ini.

Bicara soal desain bodi, Bowo yang anggota HTML Jakarta Barat ini memang terlanjur kepincut Ducati GT Sport Classic 1000, Opay sang builder menyanggupi hasrat konsumennya ini. Mulai dari tangki, cover tutup aki, sampai sepatbor dibikin baru dari pelat galvanis dibentuk menyerupai Ducati.

Rangka belakang Tiger yang aslinya agak nungging pun terpaksa dipotong sekitar 15 cm. Biar kesan klasik bisa tercapai memang rangka belakang ini harus dipotong. Posisi jok jadi rata sesuai tema Ducati klasik yang di usung.

Unsur lainnya yang menarik penambahan pipa tubular yang ikut dipasang. “Tebalnya 2 mm dan diameternya setengah inci, biar motor jadi lebih kekar dan tempak lebih kokoh,” kata Opay yang sedikit pendiam tapi ramah itu.

Ubahan terakhir, biar tampang Tiger ini lebih meyakinkan bergaya Ducati Sport Classic, headlamp dan stoplamp diganti. “Lampu depan pakai ukuran lebih besar dan bulat dari Suzuki GSX400. Dan stoplamp berikut lampu sein variasi gaya retro juga dipasang.

Tampang retro dan gagah jadi andalan wara-wiri di jalanan. “Bowo lebih pas lebih pas pake Tiger bergaya moge Ducati ini, sesuai dengan postur tubuhnya yang agak gempal, ha..ha..ha..” canda Opay yang senang becanda itu.

 Ini bukti bergabung di satu klub atau komunitas memang menjadikan sebagian orang berpikir lebih kreatif. Bowo ini salah satu contohnya. Secara keseluruhan Tiger miliknya juga jadi lebih fresh dengan penampilan barunya.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Battlax BT39 110/70-17
Ban belakang: Battlax BT92 160/60-17
Sok belakang: YSS
Seher: Oversize 100
Master rem: Kawasaki ER-6n
Penulis : Ismet | Teks Editor : KR15 | Foto : Endro

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money