TIPS USAHA TOKO & BENGKEL MOTOR

Jumlah sepeda motor tumbuh luar biasa, sehingga banyak membuka peluang bisnis. Usaha bengkel motor, toko jual spare part/aksesoris/mur baut, sales kelilingan, cuci motor, usaha bengkel one stop service (terpadu) sangat menguntungkan!

1. USAHA BENGKEL MOTOR & TOKO SPARE PART, VARIASI, MUR BAUT

Bagi bpk/ibu/sdr yang masih pemula sangat beresiko apabila mencoba untuk mempersiapkan sendiri usaha bengkel motor & toko spare part. Resikonya cukup besar dan salah-salah usahanya malah bisa gagal.

Pertanyaan yang perlu dijawab adalah :

- Bagaimana cara memilih lokasi yang strategis ?
- Bagaimana cara memilih barang yg cepat laku ?
- Perlengkapan apa saja yg perlu dipersiapkan ?
- Bagaimana cara mudah mengenali barang yg sangat banyak ?
- Bagaimana cara menata barang yg menarik dan sistematis sehingga mudah ditemukan ?
- Bagaimana cara penentuan harga jual yang bersaing ?
- Bagaimana cara administrasi barang dan keuangan ?
- Bagaimana manajemen SDM (mekanik, staf toko, salesman)
- Bagaimana cara promosi yang murah tapi efektif

Sebagai pemula akan sangat sulit menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Oleh karena itu perlu ada pihak yang lebih berpengalaman yang mau memberikan bimbingan dari nol sampai siap beroperasi. Kami manajemen MURAH MOTOR sudah mempersiapkan paket-paket usaha yang sangat memudahkan para pemula untuk menjalankan usaha ini. Bpk/ibu/sdr tinggal siapkan tempat, etalase dan rak, lalu membeli paket usaha yang disesuaikan dengan modal yang tersedia dan ukuran tempatnya.

MODAL
Kami punya beberapa pilihan paket usaha yaitu :

1. PAKET MINI Rp 30 juta
2. PAKET STANDARD Rp 60 juta
3. PAKET MAXI Rp 100 juta
4. PAKET JUMBO Rp 150 juta

Semakin tinggi nilai paket maka semakin lengkap barang dan peralatan bengkelnya yang tentunya diikuti dengan semakin tinggi omset penjualan dan keuntungannya.

Didalam paket tersebut sudah lengkap, kami pilihkan barang-barang yang cepat laku dengan harga bersaing bahkan bisa dijual ke bengkel-bengkel lain secara menguntungkan. Kami berikan perlengkapan bengkel yang diperlukan (misal : kompresor, peralatan mekanik, bike lift, instalasi, baju seragam, spanduk nama toko, dll.) dan yang penting kami akan berikan bimbingan manajemen secara total sampai usahanya siap jalan.

PRODUK

Sebagai sebuah toko & bengkel, semakin lengkap barang akan semakin baik. Barang yang kami pilihkan sudah cukup lengkap meliputi semua kelas barang yang dibutuhkan konsumen (tidak hanya merek tertentu), terdiri dari aneka macam oli, ban luar, ban dalam, busi, aki, spare part orisinil/genuine (Honda, Yamaha, Suzuki), Aspira, Indoparts, sparepart biasa / imitasi / after market, mur baut, per-per, setelan rantai dan aneka variasi.

BIMBINGAN MANAJEMEN

Bimbingan manajemen akan kami berikan di tempat mitra bersamaan pada saat kirim barang dan penataan, sehingga mitra bisa sekaligus mem-praktek-kan materi-materi yang diajarkan. Adapun materi-materinya meliputi :

- Cara pemilihan barang yg cepat laku
- Cara mudah mengenali barang
- Cara penataan barang yg menarik dan sistematis
- Cara penentuan harga jual yg bersaing
- Administrasi barang dan keuangan (manual atau software)
- Manajemen sumber daya manusia (mekanik, staf toko, salesman, dll.)
- Promosi dan pemasaran yang efektif dan efisien
- dan hal-hal lain yang diperlukan


2. USAHA SALES KELILINGAN

PRODUK

Kalau bpk/ibu/sdr mau usaha kelilingan ke bengkel-bengkel lain, baik dijalankan sendiri atau melibatkan salesman, maka kunci sukses utamanya adalah pemilihan barang. Kriteria barang yang cocok untuk disaleskan adalah yang LAKU dan UNTUNGNYA TINGGI, sehingga setelah dikurangi dengan biaya operasional masih didapat keuntungan yang lumayan besar.

Menurut pengalaman kami, barang-barang yang cocok untuk disaleskan adalah kelompok PERNIK BESI dan SPARE PART BIASA. Barang-barang tersebut kalau dijual ke bengkel-bengkel untungnya bisa mencapai 40%.

PAKET USAHA

Kami manajemen MURAH MOTOR membantu bpk/ibu/sdr yang mau usaha kelilingan dengan cara: kami sudah siapkan paket-paket usaha. Didalam paket tersebut sudah kami pilihkan barang-barang yang laku dan untungnya tinggi, dan kami juga berikan perlengkapan misalnya : karpet sampel, ransel ganda untuk membawa barang di jok belakang sepeda motor, serta kami akan berikan bimbingan manajemen sehingga usahanya siap jalan.

Adapun pilihan paket usahanya adalah :

1. PAKET Rp 2 juta (untuk kelilingan memakai sepeda motor)
2. PAKET Rp 10 juta (untuk kelilingan memakai mobil)

BIMBINGAN MANAJEMEN

Materi bimbingan manajemen usaha kelilingan / sales yang akan kami berikan antara lain :

- Cara mudah mengenali barang
- Cara menjual yang efektif
- Sistem administrasi barang dan keuangan
- Sistem bagi hasil apabila mitra merekrut Salesman
- hal-hal lain yang diperlukan


WILAYAH PEMASARAN

Setiap mitra akan diberi satu wilayah pemasaran yang meliputi satu kotamadya / kabupaten. Hal ini untuk menghindari perebutan pasar antar mitra. Dalam satu kota/kabupaten bisa digarap oleh 3 salesman yang pakai sepeda motor. Selama mitra masih aktif bekerjasama dengan kami, maka wilayah tersebut tidak akan kami berikan kepada pihak lain.


3. USAHA GABUNGAN

Apabila mitra sudah menjalankan usaha Sales Kelilingan, sebaiknya juga merencanakan untuk membuka Toko & Bengkel, karena sayang apabila stok yang dipunyai hanya ditempatkan di rumah, lebih baik sekalian dipajang di toko dan dilengkapi dengan bengkel.

Sebaliknya bagi mitra yang menjalankan usaha Toko & Bengkel, sebaiknya juga diikuti dengan usaha Kelilingan/Sales, karena hal ini jelas akan meningkatkan pendapatan.

Demikian kami sampaikan, apabila ada hal-hal yang belum jelas, silahkan hubungi kami lewat telpon, SMS atau email. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. Kami tunggu kabar baik selanjutnya.

Comments

Popular Posts