OKTAN
Oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin
terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin
(dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat
kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.
Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa
terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika
campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena
percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.
Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.
Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:
Zat tambahan lainnya yang sering dicampurkan ke dalam bensin adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H11O), yang berasal dan dibuat dari etanol. MTBE murni berbilangan setara oktan 118. Selain dapat meningkatkan bilangan oktan, MTBE juga dapat menambahkan oksigen pada campuran gas di dalam mesin, sehingga akan mengurangi pembakaran tidak sempurna bensin yang menghasilkan gas CO. Belakangan diketahui bahwa MTBE ini juga berbahaya bagi lingkungan karena mempunyai sifat karsinogenik dan mudah bercampur dengan air, sehingga jika terjadi kebocoran pada tempat-tempat penampungan bensin (misalnya di pompa bensin) MTBE masuk ke air tanah bisa mencemari sumur dan sumber-sumber air minum lainnya.
Etanol yang berbilangan oktan 123 juga digunakan sebagai campuran. Etanol lebih unggul dari TEL dan MTBE karena tidak mencemari udara dengan timbal. Selain itu, etanol mudah diperoleh dari fermentasi tumbuh-tumbuhan sehingga bahan baku untuk pembuatannya cukup melimpah. Etanol semakin sering dipergunakan sebagai komponen bahan bakar setelah harga minyak bumi semakin meningkat.
Pernah bingung soal nentuin mau pake Premium ato Pertamax di mobil ato motor yang kamu pake??
Pertamax (Oktan 92) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 9:1 – 10:1
Premium (Oktan 82) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan7:1 – 9:1
TIPS :
Jadi udah faham kan? satu lagi tips buat para pengguna kendaraan berkompresi tinggi, kendaraan anda butuh bahan bakar beroktan tinggi, minimal Pertamax tentunya, Pertamax adalah bahan bakar non-Subsidi, jadi harga bakal fluktuatif.
Teliti harga sebelum membeli. Bandingkan dengan produk lain dengan nilai oktan yang sama. seperti Shell, Total, dan Petronas. Ada kalanya harga yang mereka tawarkan lebih murah ketimbang Pertamina. Kl bisa lebih murah, knapa harus bayar mahal??
Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.
Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:
- 87 → Bensin standar di Amerika Serikat
- 88 → Bensin tanpa timbal Premium
- 91 → Bensin standar di Eropa, Pertamax
- 92 → Bensin standar di Taiwan[1]
- 91 → Pertamax[2]
- 95 → Pertamax Plus
Zat tambahan lainnya yang sering dicampurkan ke dalam bensin adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H11O), yang berasal dan dibuat dari etanol. MTBE murni berbilangan setara oktan 118. Selain dapat meningkatkan bilangan oktan, MTBE juga dapat menambahkan oksigen pada campuran gas di dalam mesin, sehingga akan mengurangi pembakaran tidak sempurna bensin yang menghasilkan gas CO. Belakangan diketahui bahwa MTBE ini juga berbahaya bagi lingkungan karena mempunyai sifat karsinogenik dan mudah bercampur dengan air, sehingga jika terjadi kebocoran pada tempat-tempat penampungan bensin (misalnya di pompa bensin) MTBE masuk ke air tanah bisa mencemari sumur dan sumber-sumber air minum lainnya.
Etanol yang berbilangan oktan 123 juga digunakan sebagai campuran. Etanol lebih unggul dari TEL dan MTBE karena tidak mencemari udara dengan timbal. Selain itu, etanol mudah diperoleh dari fermentasi tumbuh-tumbuhan sehingga bahan baku untuk pembuatannya cukup melimpah. Etanol semakin sering dipergunakan sebagai komponen bahan bakar setelah harga minyak bumi semakin meningkat.
Pernah bingung soal nentuin mau pake Premium ato Pertamax di mobil ato motor yang kamu pake??
Banyak orang yang cuma berfikir pendek,
mesin sama2 bisa idup, kl bisa murah kenapa harus mahal. Atau ada juga
yang mikir, gw mampu kq beli pertamax, prinsipnya kan makin mahal makin
bagus, yaudah gw pake pertamax plus aja skalian.
Pemikiran seperti ini bisa dibilang salah
tapi ada benarnya juga. Intinya kenali kebutuhan mesin anda, salah
pilih bahan bakar awal dari bencana. Berikut penjelasannya..
Angka oktan menyatakan kandungan molekul
iso oktan di bensin. Molekul ini yang menahan terjadinya ngelitik atau
detonasi. Sehingga makin tinggi oktan, kuat terhadap kompresi tinggi.
“Kompresi berbanding lurus dengan angka
oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi,” jelas Colin Latung,
konsultan perminyakan dari URS Indonesia.
Kesesuaian angka oktan dengan kompresi
akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik. “Kalau tetap
memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston
akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar,” jelas
alumnus Lancaster University, Inggris ini. Artinya, mengubah penggunaan
Premium tergantung kompresi motor. Dalam kondisi estede, lihat saja
spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin pabrikan. Motor 4-tak lokal
umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1. Bahkan, motor
4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1.
“Kalau ingin tidak mengalami detonasi,
turunkan kompresi. Ganjal head silinder dengan paking yang lebih tebal,”
tambah pria beralamat di Jl. Dr. Kusumaatmaja, Jakarta Selatan.
Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. “Ini untuk penggunaan harian bukan balap,” tambahnya.
Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif
octane booster. “Penambahan itu tidak signifikan. Sebab, kandungan
kimia octane seperti Metil Cyclo Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil
(MMT) tidak akan besar mendongkrak angka oktan,” ungkap Colin.
Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya,
perbandingan kompresi lebih rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke
Premium nggak masalah. Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan
bakar dianjurkan menggunakan Premium.
Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1.
Data Premium beroktan 82-92. “Cukup menyuplai kebutuhan motor
berkompresi 7:1-9:1,” jelas Freddyanto Basuki, assistant manager service
division, PT Kawasaki Motor Indonesia.
Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).
OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH
Angka oktan bensin yang beredar di
Indonesia menurut Colin Latung lebih rendah dibanding dengan sejenis di
negara lain. Sebab, kita menganut Research Octane Number (RON).
Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia menganut Pump Octane Number
(POM). “Angka POM didapat dari penjumlahan RON dan MON (Motor Octane
Number). Hasilnya dibagi dua,” jelas Colin.
Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax
dikonversikan ke POM sudah pasti angkanya turun. “Jadi kualitas bahan
bakar kita memang tidak baik,”.
Jadi intinya, lihat dulu spesifikasi
mesin mobil atau motor yang kamu gunakan. Lihat perbandingan kompresi
mesinnya, kl udah tau sesuaikan dengan data berikut.
Pertamax Plus (Oktan 95) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 10:1 – 11:1Pertamax (Oktan 92) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 9:1 – 10:1
Premium (Oktan 82) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan7:1 – 9:1
TIPS :
Jadi udah faham kan? satu lagi tips buat para pengguna kendaraan berkompresi tinggi, kendaraan anda butuh bahan bakar beroktan tinggi, minimal Pertamax tentunya, Pertamax adalah bahan bakar non-Subsidi, jadi harga bakal fluktuatif.
Teliti harga sebelum membeli. Bandingkan dengan produk lain dengan nilai oktan yang sama. seperti Shell, Total, dan Petronas. Ada kalanya harga yang mereka tawarkan lebih murah ketimbang Pertamina. Kl bisa lebih murah, knapa harus bayar mahal??
Mengenal Hubungan Kompresi dan Nilai
Sumber : - | Author : KOMPAS.com/Zulkifli BJ & Wikpedia
Perbandingan kompresi mesin dirancang sesuai dengan aplikasi dan bahan bakar yang akan digunakan
KOMPAS.com
— Pertanyaan yang banyak muncul sekarang ini di antara pemakai
kendaraan bermotor adalah apa akibatnya apabila menggunakan bensin
premium atau beroktan lebih rendah. Pasalnya, harga bensin beroktan
tinggi sekarang ini semakin cepat menguras kantong!
Sebelumnya
menjawab pertanyaan tersebut, pemilik mobil dan sepeda motor ”harus”
mengetahui salah satu spesifikasi mesin, yaitu perbandingan kompresi (compression ratio).
Perbandingan
kompresi adalah perbandingan ruang yang tercipta di atas piston ketika
berada di titik terendah atau bawah (TMB) dan tertinggi atau titik mati
atas (TMA). Lihat gambar!
Tren
mesin sekarang, perbandingan kompresinya makin tinggi. Malah kini ada
mesin bensin dengan perbandingan kompresi 14: 7. Adapun mesin lama bisa
saja 7–8 : 1. Sekarang ini kebanyakan perbandingannya 9–10,5 : 1. Mesin
yang lebih canggih sekitar 11- 12. Tujuan mesin dibuat dengan
perbandingan kompresi tinggi adalah untuk meningkatkan efisiensi (irit
bahan bakar) dan menurunkan kadar emisi.
Untuk
membuat mesin bekerja dengan perbandingan kompresi tinggi, syarat
utamanya adalah harus menggunakan bensin dengan oktan lebih
tinggi. Kendati demikian, tidak semua mesin harus atau lebih baik
menggunakan bensin beroktan tinggi. Mesin dengan kompresi rendah, jika
diberi bensin oktan tinggi, hanya menyebabkan pemborosan uang. Tenaga
mesin juga tidak naik dan tetap saja boros.
Sebenarnya
para ahli yang berkecimpung di laboratorium mesin sudah
mengeluarkan data hubungan antara perbandingan kompresi dan oktan bahan
bakar seperti berikut.
Perbandingan
Kompresi |
Kebutuhan
Nilai Oktan |
Efisiensi Termal %
(Gas ditekan habis) |
5 : 1
|
72
|
-
|
6 : 1
|
81
|
25
|
7 : 1
|
87
|
28
|
8 : 1
|
92
|
30
|
9 : 1
|
96
|
32
|
10 : 1
|
100
|
33
|
11 : 1
|
104
|
34
|
12 : 1
|
108
|
35
|
Kendati demikian, pada sebagian mesin sekarang, apalagi yang menggunakan dua busi atau busi menyala dua kali secara berurutan, penggunaan bensin beroktan lebih rendah masih bisa ditoleransi.
Tugas oktan
Oktan dicampurkan ke dalam bensin bertugas mencegah agar jangan cepat terbakar! Lho kok gitu? Bukankah bensin yang mudah terbakar lebih oke? Tidak demikian pada mesin. Pada mesin, waktu pembakaran (pengapian) telah ditentukan berdasarkan siklus atau langkah kerja mesin.
Oktan dicampurkan ke dalam bensin bertugas mencegah agar jangan cepat terbakar! Lho kok gitu? Bukankah bensin yang mudah terbakar lebih oke? Tidak demikian pada mesin. Pada mesin, waktu pembakaran (pengapian) telah ditentukan berdasarkan siklus atau langkah kerja mesin.
Pembakaran
terjadi ketika piston mendekati titik mati atas (TMA) pada langkah
kompresi. Tidak boleh terlalu jauh atau maju atau terlambat. Apabila
kemajuan, kerja mesin tidak efisien dan tenaga kurang. Sebaliknya, jika
terlambat, mengakibatkan mesin menembak atau bahasa kerennya knocking.
Nah,
bensin yang disedot oleh mesin (disemprotkan oleh injektor) dikompresi
atau dimampatkan pada langkah kompresi sekaligus dicampur dengan udara.
Pada saat inilah terjadi kenaikan suhu dan tekanan bensin di dalam. Suhu
tersebutlah bisa memicu bensin bisa terbakar dengan sendirinya, yang
disebut juga autoignition. Ya, terbakar sendiri alis swabakar!
Nah,
bisa dibayangkan, kalau swabakar terjadi sebelum busi memercikkan bunga
api. Akan terjadi dua ledakan besar. Pertama, swabakar bensin dan kedua
akibat disulut oleh busi. Kalau keseringan, dipastikan akan merusak
mahkota piston, kubah kepala silinder, klep, busi dan kalau mesin modern
sekarang adalah injektor (injeksi langsung).
Apabila
kedua ledakan beradu dan sering terjadi, umur mesin pendek. Mesin juga
loyo, boros bensin, dan menimbulkan polusi tinggi.
Nah,
untuk mencegah swabakar itu, ke dalam bensin ditambahkan oktan yang
dibuat dari berbagai macam bahan (dulu timbal atau Pb). Makin tinggi
nilai oktan, tambah hebat kemampuan mencegah swabakar. Waktu pengapian
yang lebih dekat ke TMA membuat pembakaran lebih efisien, ledakannya
lebih kuat.
Kendati
demikian, masih ada berbagai faktor lain yang menentukan pemilihan
oktan ini. Misalnya, suhu, putaran dan beban mesin, dan ketinggian
tempat.
Pada mesin-mesin modern, terutama sistem injeksi, untuk mencegah swabakar atau menembak, dilengkapi dengan knock sensor
yang bertugas memantau kerja mesin. Kalau terjadi gejala menembak,
sensor akan melaporkan ke komputer, waktu pengapian dimajukan untuk
mencegah gejala menembak atau swabakar!
Comments
Post a Comment